Monday, November 20, 2017

Kafein Kopi dan Peranan Untuk Tubuh


Kopi terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Berbagai aktivitas kafein di dalam tubuh adalah meningkatkan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa penigkatan energi dalam tubuh.
Batas aman konsumsi kafein yang masuk ke dalam tubuh perharinya adalah 100-150 mg. Dengan jumlah itu, tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya tetap terjaga. Sedangkan jumlah kafein tiap secangkir kopi adalah 85 mg, dengan demikian alangkah baiknya hanya mengonsumsi 2 cangkir kopi perhari.

PERANAN DALAM TUBUH
Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek yang beragam pada setiap manusia. Beberapa orang akan mengalami efek secara langsung, sedangkan orang lain malah tidak merasakannya sama sekali. Hal inni terkait dengan sifat genetika yang dimiliki masing-masing individu dalam kemampuan metabolisme tubuh untuk mencerna kafein.

Menurut beberapa penelitian kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ternyata mampu menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap, menurunkan resiko terkena diabetes militus tipe 2 dengan cara menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin, dan juga mampu untuk mencegah serangan jantung.

Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Adanya antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal efek pengerusakan oleh senyawa radikal bebas, seperti kanker, diabetes, dan penurunan sistem imun.

JOIN NOW!!!


(Sumber : Prospek Tinggi Bertanam Kopi)

No comments:

Post a Comment