Tuesday, November 14, 2017

Karakteristik Buah Kopi


Tanaman kopi mulai berbuah sekitar umur 3 tahun, semua tergantung ketinggian daerah tanam, jenis kopi, dan keadaan pertumbuhannya. 
Umumnya di dataran rendah lebih cepat berbuah, tetapi ukuran bijinya kecil dan tidak lebat. Panen pertama buah kopi sedikit, akan terus bertambah dari tahun ke tahun dan pada umur 5 tahun ke atas produksi buah akan semakin tinggi.

Stadium perkembangan warna buah kopi beberapa tahap, mulai dari buah kopi berwarna hijau hingga berwarna merah tua kehitaman. Karakteristik dari masing-masing stadium buah kopi berikut diantaranya.

1. Buah Hijau
    Kondisi ini buah masih sangat muda. Apabila dipetik, biji kopi masih berwarna hitam putih pucat dan keriput dengan aroma yang dihasilkan flavor, acidity, dan body lemah. Buah kopi yang masih sangat hijau dapat mengakibatkan cacat rasa, sehingga buah seperti ini belum layak dipanen.

2. Buah Kuning
    Buah kopi dengan warna ini menunjukan buah yang masih mentah. Bila dipetik akan menghasilkan biji kopi keabu-abuan hingga hijau pucat dengan aroma flavor, acidity, dan body lemah. Menghasilkan cacat rasa grassy, bitterness, dan astringency yang tinggi.

3. Buah Merah Kekuningan
    Warna ini menunjukan kondisi buah segar, sehat, dan cukup masak untuk dipetik, fisik biji keabu-abuan engan aroma dan cita rasa bagus, acidity seimbang, body mantap, bitterness sedang, astringent sedang, dan tidak memiliki cacat rasa.

4. Buah Merah
    Warna merah segar menunjukan kondisi buah segar dan sehat. Dengan fisik biji keabu-abuan engan aroma dan cita rasa bagus, acidity seimbang, body mantap, bitterness sedang, astringent sedang, dan tidak memiliki cacat rasa. Buah dengan stadium ini layak untuk dipetik.

5. Buah Merah Tua
    Warna ini menunjukan buah sudah terlalu masak dan akan mulai membusuk, fisik biji cokelat dan hitam dengan aroma dan acidity sedang, body sedang, terdapat cacat cita rasa seperti earthy, moldy, dan stink sehingga buah stadium ini perlu dipetik dengan segera.

Berdasarkan perkembangan warna buah kopi, saat yang tepat untuk panen kopi adalah bila kulit buah kopi telah berwarna merah. Kopi Robusta memerlukan waktu 8-11 bulan, Kopi Arabika 6-8 bulan mulai dari kuncup sampai matang dan siap untuk dipanen.

Buah kopi yang sudah masak, daging buahnya lunak, berlendir, dan mengandung senyawa gula yang relatif tinggi sehingga terasa manis. Panen buah kopi berwarna merah dapat menghasilkan biji kopi dengan mutu prima. Secara teknis, panen buah kopi merah memeberikan beberikan beberapa keuntungan dibandingkan panen buah kopi muda.


JOIN NOW!!!


(Sumber : Agribisnis Kopi)

No comments:

Post a Comment