Monday, December 4, 2017

Mengenal Kopi, Si Hitam Nikmat


Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, di Turki dikenal dengan sebutan kahveh dan Belanda menyebutnya koffie.

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang menjadi minuman nikmat yang sangat populer di dunia.

Kopi merupakan tanaman yang berasal dari Afrika dan Asia Selatan, termasuk dalam family Rubiaceae dengan tinggi mencapai 5 meter dengan Panjang daun 5-10 cm dan Lebar 5 cm. Buah kopu sendiri berbentuk oval panjangnya 1,5 cm dengan buah berwarna hijau kekuningan.

Indonesia sendiri mampu memproduksi lebihd dari 400 ribu ton kopi pertahunnya. Eksport pertama kopi yang di tanam di Indonesia ke Belanda dimulai pada tahun 1711. Indonesia menghasilkan 420.000 metrik ton kopi di tahun 2007, dari hasil tersebut ada 271.000 ton yang di ekspor dan selebihnya untuk konsumsi dalam negri.

JOIN NOW!!!


(Sumber : Prospek Tinggi Bertanam Kopi)

No comments:

Post a Comment