Thursday, February 8, 2018

Kopi Rempah-Rempah Khas Ambon, Kopi Rarobang


Kopi kini mungkin menjadi salah satu minuman favorit banyak orang terutama masyarkat Indonesia, karena aromanya yang nikmat serta membuat salah satu manfaatnya yang bikin mata menjadi lebih segar.



Bagi pecinta kopi, dapat mencicipi segala jenis kopi merupakan suatu kepuasan tersendiri. Apalagi kopi ini merupakan minuman yang dikenal pahit, namun bagi sebagian orang yang sangat menikmati kopi. Rasa pahit dari kopi bukanlah sesuatu yang berarti. Salah satu jenis kopi yang kini sudah sangat dikenal adalah kopi Rarobang.



Kopi Rarobang merupakan kopi dari Ambon yang sudah sangat dikenal oleh hampir semua kalangan masyarakat, khususnya para pecinta kopi. Ambon bukanlah daerah penghasil kopi. Namun bagi masyarakat ambon, tradisi minum kopi merupakan salah satu bagian dari kegiatan masyarakat Ambon setiap harinya dan Rarobang ini merupakan kopi yang dikenal sebagai kopi dari Ambon.



Rarobang ini merupakan kopi Arabica yang memang terkenal banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Kopi ini sudah dimodifikasi oleh penduduk Ambon dengan mencampurkan rempah-rempah yang menjadi khas Ambon dalam pembuatan kopi ini.



Kopi Rarobang diracik dengan menggunakan rempah-rempah yang membuat rasa serta aroma kopi ini berbeda daripada kopi lainnya. Hal ini menjadi alasan kenapa para pendatang atau orang-orang yang berkunjung ke Ambon provinsi Maluku wajib mencoba kopi yang satu ini. Aroma dan rasa kopi ini mengundang rasa penasaran serta menjadi kopi yang sangat diminati bagi pecinta kopi yang sudah mencicipinya.



Kopi yang dikenal sebagai kopi khas Ambon ini berbeda dengan kopi pada umumnya yang dibuat hanya dengan bubuk kopi dicampur dengan gula. Rarobang ini diracik dengan paduan jahe serta rempah-rempah khas Ambon, Kemudian diberi taburan kacang kenari yang sudah disangrai. Kopi rarobang ini dibuat menggunakan kopi jenis arabica yang banyak tumbuh di Indonesia. Kopi ini juga memiliki cita rasa yang sangat khas yang dihasilkan dari campuran rempah-rempah yang ada dalam kopi ini. Taburan kacang ini juga menambah cita rasa lebih gurih, dan juga pahit pada kopi ini.


Untuk Membuat Kopi Rarobang terbilang cukup mudah berikut cara penyajiannya :



Bahan-bahan :

  • 500 ml air
  • 3 sdm kopi bubuk
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 batang kayu manis
  • 3 butir cengkeh
  • 1 lembar daun pandan yang sudah diiris
  • 150 g gula pasir
  • 100 g kenari sangarai yang dicincang kasar
Cara Membuat :
  1. Rebus air, kopi bubuk, jahe, kayumanis, cengkeh, daun pandan, dan gula pasir hingga mendidih.
  2. Angkat dan saring
  3. Pindahkan kedalam gelas saji dengan taburan kenari yang disangrai
  4. Bisa juga ditambahkan dengan susu kental manis jika ingin menambah kenikmatan dari kopi ini dan juga mengurangi dari rasa pahitnya kopi.
Kopi rarobang ini juga dapat dinikmati dengan makanan pendamping yang pas. Dalam khas Ambon pulut siram merupakan makanan yang biasanya dijadikan pendamping ketika minum kopi. Pulut siram ini adalah makanan yang terbuat dari ketan yang diberi parutan kelapa dengan siraman sirup gula aren diatasnya. Makanan ini sangat nikmat untuk dimakan bersama dengan menyeduh kopi rarobang khas Ambon ini.

JOIN NOW!!!



(Sumber : Lintas Kopi edisi : Agustus2017)

No comments:

Post a Comment