Thursday, April 6, 2017

Struktur Morfologi Tanaman Kopi


Struktur morfologi tanaman kopi meliputi organ utama yaitu : Akar, Batang, Cabang, Daun, Bunga, Buah, dan Biji. Berikut karakteristik morfologi tanaman kopi.

1. Akar
    Tanaman kopi mempunyai akar tunggang. Akar tunggang hanya dimiliki tanaman kopi yang berasal dari bibit semai. Perakaran tanaman kopi pada dasarnya peka terhadap kandungan bahan organik dan perlakuan tanah serta saingan rumput. Apabila akar tanaman kopi kekurangan air atau udara maka tanaman menjadi kerdil.

2. Batang dan Cabang
    Pertumbuhan vegetatif tanaman kopi bersifat dimorfisma, yaitu pertumbuhan tegak (ortotropik) dan ke samping (plagiotropik). Batang dan tunas-tunas air (wiwilan) pada umumnya tumbuh ortotopik, sedangkan cabangnya tumbuh plagiotropik.

3. Daun
    Daun berrbentuk bulat telur dengan ujung agak meruncing. Daun tersebut tumbuh pada cabang dan batang. daun pada cabang saling berhadapan dan berpasangan pada satu bidang. Daun pada batang dan wiwilan terletak pada bidang yang bersilang. Ukuran daun bervariasi, jumlah stomata per satuan luas daun dipengaruhi oleh jenis kopi dan intensitas cahaya. Misalnya Arabika 148-185 stomata/mm2, Liberika 216-326 stomata/mm2, dan Robusta 302-388 stomata/mm2.

4. Bunga
    Tanaman kopi pada umumnya mulai berbunga pada umur 3 tahun. Untuk jenis kopi Arabika, jumlah tandan relatif sebikit dan lebih kecil dibandingkan robusta. Maahkota bunga kopi berwarna putih, penyuburan bunga terjadi melalui bantuan angin. Tepung sari dapat dibawa oleh angin hingga jarak 100 m dari pohon. Proses penyerbukan untuk kopi Arabika bersifat menyerbuk sendiri, sedangkan kopi Robusta dan Liberika melalui penyerbukan silang.

5. Buah
    Tanaman kopi mulai berbuah pada umur 4 tahun. Bakal buah terletak di bawah dan berisi 2 bakal biji.. Bakal buah sendiri dibagi beberapa tipe. Kopi Lanang hanya memiliki satu bakal buah yang sering disebut pea berry, Kopi Gabug bakal buah tidak berkembang atau empety bean, Kopi Gajah memiliki lebih dari 2 biji.

Buah kopi masak dalam 9-12 bulan tapi tergantung dari jenis kopi itu sendiri. Kopi Arabika masak dalam jangka waktu 9-10 bulan, kopi Robusta 10-11 bulan, dan kopi Liberika 11-12 bulan.
(Sumber : Agribisnis Kopi)

No comments:

Post a Comment