Wednesday, May 31, 2017

Citarasa dan Aroma Kopi Nikmat


Untuk menciptakan secangkir kopi dengan citarasa dan aroma yang nikmat, ada beberapa faktor penentu diantara lain :
  1. Kualitas biji kopi, Biji kopi yang baik memiliki tingkat keasaman yang rendah.
  2. Aroma, Menjadi karakter terkuat dan identik dengan minuman kopi. Aroma kopi umumnya mudah dikenali tanpa perlu melihat atau merasakan langsung dari fisik kopi.
  3. Factory Body, Body dapat disetarakan dengan sensasi rasa mantap. Body kopi terdiri dari tingkatan ringan sampai berat yang dipengaruhi oleh pemanggangan biji kopi.
  4. Kualitas air, selain biji kopi, faktor dari air juga sangat menentukan kualitas kopi yang dihasilkan karena 98% penyusun kopi adalah air.
  5. Proporsi antara biji kopi dan air akan menentukan kadar kepekatan kopi. Hasil penelitian pakar kopi menunjukan bahwa yang disukai orang dengan perbandingan 10 gram kopi dengan 180 ml air.
  6. Penggerusan, pastikan menggerus kopi secara optimal karena air panas akan mengekstrak jumlah ideal elemen kopi. Di samping itu, juga proses pemasakan yang optimal akan menghasilkan aroma dan rasa yang mantap.
  7. Suhu, pastikan saat menyeduh kopi dengan waktu dan selang waktu yang sesuai. Suhu optimal pemasakan kopi sekitar 92-96 C.
  8. Mesin kopi dan cangkir, mesin berperan penting dalam pemasakan kopi. Mesin dengan kualitas baik akan menghasilkan kestabilan suhu.

JOIN NOW!!!

(Sumber : Agribisnis Kopi)

No comments:

Post a Comment