Thursday, June 7, 2018

Rasa yang Mendunia, Kopi Malabar


Gunung Malabar. Dengan ketinggian hingga 1800 mdpl, yang terletak di Jawa Barat, Bandung, dengan suhu udaranya begitu sejuk dan dingin. Menjadikan kota Bandung tempat yang cocok untuk perkebunan Teh. tidak hanya teh saja tetapi juga perkebunan kopi. Jenis Kopi nya dikenal dengan nama kopi Arabika Malabar.

Indonesia menjadi negara terbesar pengekspor kopi di dunia. Dan sebagian besar adalah dari wilayah Jawa Barat, termasuk kopi Malabar ini. Hingga kini, kopi Malabar masih menjadi salah satu favorit bagi penikmat kopi nusantara. Saat ini, kopi Malabar juga dikenal dengan sebutan “kopi Java Preanger. Istilah ini bukan hanya dikenal di Indonesia saja tetapi juga di dunia.

Kopi Arabika Malabar ini sangat unik. Karakteristik rasanya begitu kental. Jika pernah meminumnya, pasti kalian merasakan rasa coklat yang dominan pada kopi ini dengan rasa akhir rempah. Di Malabar, diproduksi juga kopi luwak yang menawarkan asupan madu sehingga rasanya begitu manis. Hanya biji-biji kopi terbaiklah yang akan diproduksi sehingga rasanya luar biasa nikmat. Kopi Malabar, ada 3 jenis yaitu. Kopi Malabar Specialty Coffee, Kopi luwak Malabar yang menjadi favorite bagi para pecinta kopi. Dan Kopi gourment Arabica Malabar.

Bicara tentang rasa kopi Malabar, maka aroma yang tajam serta menggugah selera menjadi kesan pertama yang muncul. Kopi ini rasanya ringan dan menyegarkan. Tidak ada juga rasa pahit yang ditinggalkan sehingga kopi ini akan membuat penikmatnya ketagihan.

Dengan rasanya yang nikmat, kopi Malabar natural pernah meraih medali emas di kompetisi internasional yang diadakan di Melbourne International Coffee Expo. Tentu saja ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia khususnya Malabar, Bandung, Jawa Barat.

Salah satu rahasia yang membuat kopi Malabar nikmat adalah karena proses pengolahannya yang bagus. Setelah dipetik, buah kopi yang matang diolah ke tahap selanjutnya. Saat pengolahan ini, berat akan menyusut hingga 50 persen saat menjadi green beans. Hal ini lah yang menjadikan rasanya menjadi sungguh nikmat. Pengolahan kopi Malabar memerlukan waktu lama. Namun, hasilnya terbukti memuaskan dan mendunia.



(Sumber : Lintas Kopi Agustus 2017)

No comments:

Post a Comment