Tuesday, March 14, 2017

Nutrisi dalam 100 gram Kopi


Kopi selain menjadi minuman dengan berbagai manfaat baik untuk kesehatan, ternyata dalam 100 gram kopi khususnya bagia yang dapat larut, mengandung nutrisi (gizi) yang cukup tinggi. Berikut rinciannya menurut Direktorat Gizi Kemenkes:

1. Kalori : 352,0 kkal
2. Protein : 17,4 g
3. Lemak : 1,3 g
4. Karbohidrat : 69,0 g
5. Kalsium : 296,0 mg
6. Fosfor : 368,0 mg
7. Zat Besi : 4,1 mg
8. Bagian dapat dimakan (bdd) : 100% 

Biji kopi mengandung protein, minyak aromatis, dan asam-asam organik, yang umumnya biji kopi mengandung air 48% dan bahan kering 50-52%. Kopi mengandung senyawa yang terdiri atas Karbohidrat (60%), Minyak (13%), Protein (13%), Asam-asam non-volatil (8%), Abu(4%), Trigonelin (1%), Kafein kopi Arabika (1%), dan Robusta (2%).

Beberapa kandungan penting dalam biji kopi memiliki banyak komponen variannya. Kandungan Karbohidrat meliputi gula reduksi (D-manosa, L-arabinosa, D-galaktosa, D-glukosa), Sukrosa, Pektin, Pati, Pentosan, Hemiselulosa, Holoselulosa, dan Lignin.

Kandungan minyak dalam kopi terdiri dari Esterfistosterin, Trigliserida, Ester asam lemak diterpen, Sterol bebas, Linoleat, Stearat, Oleat, Arachidat, Palmitat, Behenat, Miristat, Palmitoleat, Linolenat.

Sementara kandungan Protein meliputi Asam Aspartat, Isoleusin, Serin, Leusin, Asparagin, Tirosin, Glutamate, Felilalanin, Prolin, Glisinlisin, Alanin, Histidin, Valin, dan Arginin.

Kopi juga mengandung beberapa mineral, asam organik, magnesium dan besi yang dapat bermanfaat untuk kecantikan, meskipun demikian, jika kopi di konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan jantung berdebar, sulit tidur, kepala pusing, dan beberapa gangguan lainya.

JOIN NOW!!!

(Sumber : Agribisnis Kopi)

No comments:

Post a Comment