Thursday, March 9, 2017

Secangkir Kopi yang Bermanfaat


Menurut Harvard Women's Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi resiko diabetes tipe2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinsonm kerusakan fungsi hati, penyakit jantung, serta menghambat penurunan kognitif otak.
 Berikut perinciaan dari manfaat secangkir kopi untuk mencegah berbagai penyakit dalam tubuh:

  1. DIABETES, Hasil studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjuka bahwa kopi mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Ini disebabkan oleh adanya asam klorogenik di dalam kopi yang memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan dan juga merangsang pembentukan GLP-1, hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel, dan dapat mencegah resistensi insulin yang merupakan pertanda adanya penyakit diabetes.
  2. KANKER, Riset menunjukan bahw kopi mengurangi resiko kanker hati, kanker payudara, dan kanker usus besar. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor.
  3. PARKINSON, Para peminum kopi memiliki resiko terkena Parkinson (syaraf) setengah lebih rendah dari mereka yang tidak minum kopi. Kandungan antoksidan dalam kopi mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson sementara Kafein akan menghambat peradangan dalam otak (Alzheimer).
  4. JANTUNG DAN STROKE, hasil studi mengatakan wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan bahwa mereka yang minum 2-3 cangkir kopi sehari memiliki resiko terkena stroke 19 % lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi.
  5. FUNGSI KOGNITIF, Meminum 3 cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33% pada wanita.
  6. MELINUNGI GIGI, Kopi yang mengandung kafein memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket yang dapat menjaga bakteri penyebab lubang pada lapisan gigi dan dapat mencegah datang nya kanker mulut hingga separuhnya.
  7. BATU EMPEDU, Xanthine, yang ditemukan dalam kafein, mengurangi lendir dan resiko penyimpanan di dalam kantong empedu.
  8. MELINDUNGI KULIT, Kafein pada kopi dapat memacu kulit untuk membunuh sel prakanker dan menghentikan penyumbatan tumor.
  9. SIROSIS HATI, Kopi dapat membantu menetralkan kandungan alkohol dalam hati sehingga mencegah kerusakan pada hati yang diakibatkan minuman beralkohol.
  10. MENUNDA KANTUK, Kafein pada kopi meningkatkan kinerja psikomotorik tubuh yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan membuat tubuh selalu terjaga saat kantuk. Kafein juga membantu melancarkan peredaran darah dan memompanya ke jantung sehingga manusia dapat berkonsentrasi saat melakukan kegiatan setelah konsumsi kopi.
(Sumber : Agribisnis Kopi)

No comments:

Post a Comment