Tuesday, March 21, 2017

Manfaat Nutrisi dalam Secangkir Kopi


Kopi robusta maupun arabika sarat dengan antioksidan dan nutrusi-nutrisi penting lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.
Penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kopi setiap harinya akan lebih sulit diserang beberapa jenis penyakit serius dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

1. Kopi dapat mengurangi rasa lelah sehingga kita menjadi lebih energik. Hal ini disebabkan karena kopi mengandung stimulan bernama kafein yang apabila diminum akan mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek “rangsangan”.

2. Kopi dapat membantu membakar lemak. Alasannya adalah karena kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa penelitian menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan proses metabolisme sebesar 3-11%.

3. Kopi meningkatkan performa fisik.Kafein membuat sel lemak (fat cells) menghancurkan lemak tubuh, yang kemudian dilepaskan ke dalam darah sebagai energi. Karena efek ini, tidak mengejutkan bahwa kafein dapat meningkatkan performa fisik sampai rata-rata 11-12%.

4. Kopi mengandung nutrisi penting.
Satu gelas kopi mengandung:
- Riboflavin (Vitamin B2): 11% of the RDA.
- Pantothenic Acid (Vitamin B5): 6% of the RDA.
- Manganese and Potassium: 3% of the RDA.
- Magnesium and Niacin (B3): 2% of the RDA.

5. Kopi menurunkan resiko diabetes tipe 2. Penelitian menunjukan bahwa resiko para penikmat kopi untuk terkena diabetes tipe 2 adalah 23-50% lebih kecil dibandingkan dengan orang-orang yang tidak meminum kopi. Bahkan salah satu penelitian menunjukan penurunan sebesar 67%.

6. Kopi menurunkan resikko Alzheimer. Beberapa penelitian menunjukan bahwa resiko peminum kopi untuk terkena Alzheimer adalah 65% lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang tidak meminum kopi

7. Kopi menurunkan resiko Parkinson. Penelitian menunjukan bahwa resiko peminum kopi untuk terkena Parkinson lebih rendah sekitar 32-60%. Dalam hal ini, penurunan resiko ini tampakhnya disebabkan oleh kafein. Orang-orang yang meminum kopi bebas kafein (decaf coffee) tidak memiliki penurunan resiko Parkinson.

8. Kopi menurukan resiko terkena Kanker. Kopi tampaknya berkhasiat untuk mengurangi peluang terkena dua jenis kanker, yaitu kanker liver (40%) dan usus besar (15%).

9. Kopi membuat umur panjang. Ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa pengkonsumsi kopi mempunyai resiko kematian yang lebih rendah. Dalam dua penelitian yang sangat besar, aktivitas minum kopi dihubungkan dengan penurunan resiko kematian pria sebesar 20% dan penurunan resiko kematian wanita sebesar 26%, dalam periode 18-24 tahun.

10. Kopi melindungi Liver. Resiko peminum kopi untuk terkena sirosis hati lebih rendah daripada orang-orang yang tidak minum kopi. Orang yang meminum 4 atau lebih gelas kopi per hari memiliki resiko untuk terkena sirosis 80% lebih rendah.

11. Kopi Sumber Antioksida. Kopi mengandung antioksidan dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan penelitian menunjukan bahwa kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada sayuran dan buah. Kopi adalah salah satu minuman yang paling sehat di bumi.

Bagi kebanyakan orang, kopi dapat menjadi bagian dari konsumsi sehari-hari yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak masalah kopi yang dikonsumsi adalah jenis arabika ataupun robusta, keduanya sama-sama bermanfaat bagi kesehatan.
(Sumber : Kabar Kopi)

No comments:

Post a Comment