Monday, February 6, 2017

Ada Khasiat Obat pada Kopi


Hasil penelitian terhadap khasiat dan manfaat meminum kopi sudah sangat santer  terjelas di berbagai media. Namun, masih banyak juga yang menganggap kafein tidak baik untuk kesehatan. Dengan alasan klasik, kopi dapat memicu asam lambung.

Kandungan kafein dalam kopi arabika lebih sedikit jika dibandingkan dengan kopi robusta. Jika khawatir terhadap efek kafein, kopi rendah kafein menjadi solusi agar tetap bisa menikmati kopi setiap pagi. Namun tidak mudah mendapatkan kopi rendah kafein, karena paling banyak dijual adalah kopi yang sudah dicampir susu atau krim dengan gula.

Mengonsumsi kopi yang sudah dicampur susu dan krim dengan gula rasanya sungguh berbeda "kurang nendang," jika dibandingkan menikmati secangkir kopi murni. Rasa yang menonjol hanya susu dan krim dengan gula saja. Lantas kopi apa yang cocok untuk penderita asam lambung?

Seperti yang dikatakan Ade Wachjar, peneliti kopi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), kopi yang paling aman untuk penderita asam lambung, kelainan jantung dan darah tinggi takaran kafeinnya cukup 3 mg dalam 8oz kopi per cangkir.

Khasiat kopi sangat positif jika takaran kafeinnya tidak berlebihan, dengan khasiat mengurangi resiko kelainan jantung, penyakit diabetes, kanker kolon, sirosis hati, batu empedu, dan sakit kepala. Kopi juga mengandung komponen trigonelin yang memiliki zat antibakteri dan antikelat yang bisa mencegah gigi berlubang.

Studi dari peneliti di Mayo Clinic mengungkapkan bahwa meminum kopi memiliki keuntungan yang sangat bermanfaat yaitu mengurangi resiko Primary Sclerosing Cholangitis (PSC), penyakit hati autoimun yang sangat jarang.

JOIN NOW!!!

( Sumber : Hikayat Negeri Kopi)

No comments:

Post a Comment