Tuesday, February 21, 2017

Produsen Kopi Dunia


Indonesia merupakan negara yang dilalui garis khatulistiwa membuat tanah menjadi subur dan cocok untuk di tanami kopi, dan berpeluang besar menjadi penghasil kopi ternama di dunia.
Pada tahun 2012 (dalam ribuan tas) Saat ini produsen kopi utama di dunia meliputi 5 negara yaitu :

1. Brasil. Negara yang mendominasi produksi kopi dunia, baik sebagai produsen kopi, dan juga pengonsumsi terbesar kedua di dunia. Untuk produsen kopi, angkanya mencapai 50.826 di dunia. Di Brasil tanaman kopi tumbuh di areal pesisir tenggara, Pernambuco utara sampai Parana selatan.

2. Vietnam. Adalah produsen kopi nomor terbesar setelah Brasil dengan besaran 22.000. Produksi kopi telah menjadi salah satu pendapatan utama dan kekuatan ekonomi utama di negara ini.

3. Indonesia. Merupakan penghasil beberapa jenis kopi specialty Arabika dan Robusta yang mempunyai cita rasa dan aroma yang khas. Hal ini lah yang menjadikan Indonesia berada di urutan ketiga sebagai produsen kopi dunia, berada di bawah Brasil dan Vietnam dengan besaran 10.950.

4. Kolombia. Telah menghasilkan kopi terbaik dunia dengan kopi yang mempunyai keseimbangan cita rasa dan kedalaman yang sangat baik, meski begitu Kolombia merupakan produsen kopi dengan angka 8.000 yang masih berada di bawah Indonesia.

5. Etiopia. Kopi arabika dipercaya berasal dari Etiopia, yang hingga kini masih ditemukan sebagai tanaman liar di negara ini. Sumber daya alam yang sangat luas dengan hasil kopi paling unik di dunia dengan besar 6.500 sebagai produsen kopi dunia.

Untuk Jenis Arabika Indonesia memiliki begitu banyak origin seperti : Aceh Gayo, Sumatera Lintong, Sumatera Mandeling, Java (Preanger, Jawa Tengah , Jawa Timur), Bali Kintamani, Flores, Toraja , Papua).
Sedangkan jenis Robusta di antaranya Robusta Lampung, Robusta Semendo, Robusta Bengkulu, Robusta Java, Robusta Flores, Robusta Sumbawa dan Robusta Toraja. Dari tiap origin ini memiliki rasa dan karakteristik yang berbeda satu sama lain.
Selain itu, Indonesia merupakan produsen kopi ketiga terbesar dunia setelah Brasil dan Vietnam. Berdasarkan catatan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), industri kopi di Indonesia dalam 10 tahun terakhir makin bergairah. Hal ini menyusul menjamurnya kafe dan coffee shop di kota-kota besar.

JOIN NOW!!!

(Sumber : Agribisnis Kopi)

No comments:

Post a Comment