Tuesday, February 21, 2017

Arabica atau Robusta


Bagi para peminat kopi, sudah dapat dipastikan bahwa ada banyak sekali cara untuk memberikan manfaat pada bagaimana caranya untuk menikmati segala jenis kopi baik kopi Arabaica maupun kopi Robusta.

Perlu diketahui bahwa kedua kopi tersebut merupakan dua jenis kopi yang berbeda. Hal yang paling membedakan pastinya terletak pada tempat dimana dua spesies kopi itu tumbuh, rasa, dan juga perbedaan ekonomisnya. 




Kopi Arabica, memiliki banyak rasa dapat lembut, manis, tajam, dan juga kuat. Dapat diketahui bahwa sebelum disangrai, aroma dari kopi ini amat mirip dengan blueberry, setelah disangrai, kopi arabica akan memiliki aroma buah-buahan manis. Secara umum, orang cenderung menyukai aroma kopi Arabica bila dibandingkan dengan Robusta.

Ciri-ciri kopi Arabica adalah aroma yang wangi, hidup pada daerah yang dingin dan sejuk, memiliki rasa yang sedikit asam, rasa kental dimulut, pahit, dan juga memiliki tekstur lebih halus. Yang perlu diketahui selanjutnya adalah asal dari kopi tersebut. Faktanya, kopi ini berasal dari negara Etiopia dan juga Brasil. Kedua negara tersebut menguasai 70% pasar kopi secara global pastinya.

Kopi Robusta, cenderung memiliki  rasa yang netral. Sebelum disangrai, biji kopi ini memilikiaroma kacang-kacangan. Amat jarang untuk menemukan robusta berkualitas tinggi dipasaran sana. Faktanya, harga biji kopi Arabica lebih tinggi bila dibandingkan dengan kopi Robusta.Kopi robusta, ini merupakan keturunan dari beberapa jenis spesies kopi. Mengenai kualitas dari buah kopi, faktanya ini lebih rendah dibandingkan dengan kopi Arabika dan juga Liberika. 

Kopi jenis ini menguasai sekitar 30% pasar dunia.Kopi Robusta banyak terdapat di Kolumbia, Indonesia, dan juga Filipina. Ciri-ciri kopi Robusta adalah rasa yang lebih menyerupai cokelat. Bau yang dihasilkan juga manis. Tekstur dari kopi ini cenderung kasar dan memiliki warna yang bervariasi.
(Sumber : Otten Coffee 2014)

No comments:

Post a Comment