Wednesday, July 25, 2018

Beda Negara Beda Istilah, White Coffee


Istilah white coffee yang sudah sangat akrab bagi orang Indonesia ini lebih tertuju kepada kopi yang diseduh menggunakan susu atau krimer. Penyeduhan kopi yang diberi susu atau krimer menjadikan warnanya berubah dari hitam menjadi coklat muda lebih mendekati ke arah kuning pucat.

White Coffee sebenarnya minuman yang berasal dari Yaman ini sungguh berbeda dan unik, merupakan jenis minuman kopi yang biji kopinya disangrai dengan level roasting light plus dengan temperatur yang rendah. Kopi yang telah disangrai dengan khusus tadi kemudian dicampur pada salah satu rempah khas Yaman yaitu hawaij.

Menikmati kopi berwarna kuning pucat beraroma khas rempah Yaman ini ternyata sudah menjadi tradisi kuno sejak dahulu kala, kini white coffee sudah popular dan menyebar di seluruh dunia. Namun, di beberapa negara lain istilah white coffee ternyata berbeda-beda.

Seperti di Inggris white coffee mengacu pada kopi hitam yang diberi tambahan susu, krimer dan kacang yang menjadikan kopi ini lebih berwarna kuning pucat hampir seperti white chocolate. Sajian ini sering disebut dengan Coffee Light, Coffee with milk, atau Regular Coffee.



Jika di Amerika Serikat, white coffee merupakan biji kopi yang dipanggang sampai berwarna kuning pucat mendekati putih. Karena proses pemanasannya hanya sebentar, gula alami dalam biji kopi tidak hancur dan menjadi coklat hitam, sehingga tidak ada rasa pahit tertinggal. Kopi ini dijadikan bahan untuk membuat espresso. Kadar keasamannya cukup tinggi dengan sedikit rasa kacang.

Sementara itu, orang Malaysia mengenal Ipoh white coffee yang berasal dari kota Ipoh. Biji kopi dipanggang dengan gandum dan margarin dari minyak kelapa sawit, sehingga warnanya tidak terlalu hitam. Ipoh white coffee disajikan dengan susu kental manis dengan air yang sangat panas.

Di Indonesia sendiri ada sebuah produsen kopi yang menjual white coffee. Kopi ini diproduksi dengan mesin berteknologi cold drying. Biji kopi di bekukan hingga -40 C untuk mengurangi kadar asam samapi 80%, sementara kandungan kafeinnya tetap utuh.

Kemudian, di Siria. yang disebut white coffee malah sama sekali bukan kopi, melainkan sejenis teh herbal yang dibuat dari air kuntum bunga jeruk, bersifat menenangkan syaraf, biasanya dihidangkan setelah selesai makan.

Tak hanya unik dan nikmat, ternyata white coffee dipercaya baik untuk kesehatan. Karena semakin singkatnya proses sangrai maka akan menghasilkan asam klorogen yang melindungi sel tubuh manusia dari proses oksidasi dan implementasi. Maka dari itu white coffee ini dipercaya baik untuk kesehatan.



Artikel dari Majalah.ottencoffee.com dan berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment