Tuesday, July 31, 2018

Secangkir Hitam yang Tak Biasa, Charcoal Latte



Charcoal Latte merupakan minuman yang terbuat dari activated charcoal atau arang aktif yang dicampur dengan susu creamy sehingga memberikan kesan gothic.

Latte yang berada di coffee shop biasanya terbuat dari campuran kopi dan susu. Namun, pada Charcoal Latte terbuat dari bahan kopi yang sudah digantikan peran oleh  arang aktif yan dicampur dengan susu creamy. Namanya juga dari arang, minuma ini berwarna hitam pekat dan kadang berwarna abu-abu karena adanya campuran cream dan susu. 

Dimulai dari beberapa kafe di Inggris seperti Rawberry, Acme Cups, dan Damson & Co. The Good Sort dengan Charcoal Black Sesame Latte yang terdapat di New York. Bahkan di Shirokuma sempat membuat Latte berwarna hitam Bamboo Charcoal Latte dengan bahan dasar arang bambu.

Memiliki rasa yang unik dan agak asing diterima lidah untuk yang baru merasakan Charcoal Latte, dibalik warna hitam yang tak biasa ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Hal ini yang memicu terciptanya Charcoal Latte karena ingin merasakan khasiat dibalik activated charcoal. Biasanya arang aktif terbuat dari batok kelapa, kayu bambu, dan kulit gandum yang sudah dibakar.

Manfaat arang aktif dipercaya mampu menjadi detoks racun dalam tubuh dan juga membersihkan pencernaan serta mengobati perut kembung, diare, juga masalah pencernaan lainnya. Jadi zat yang terdapat pada arang aktif membantu membersihkan saluran pencernaan dari racun yang mengendap di dalam tubuh orang yang mengonsumsinya.

Lebih dari itu, arang aktif mampu menyerap zat berbahaya dari dalam tubuh yang dikeluarkan melalui fases manusia. Serta dipercaya mampu memulihkan dari mabuk minuman dan over dosis akibat obat-obatan. Karena kandungan zat aktif akan mengikat sedikit-banyaknya nutrisi akan hilang. Jadi, tidak disarankan mencicipi Charcoal Latte jika sedang mengonsumsi obat untuk penyakit tertentu. 

Karena banyaknya manfaat dari arang aktif, tak heran banyak para pengusaha kopi meliriknya dan menjadikan minuman yang bisa dinikmati bersama kopi. Charcoal latte tak hanya bisa dinikmati dalam bentuk panas, tapi juga bisa dinikmati dingin seperti iced latte pada umumnya.

Artikel dari Majalah.ottencoffee.com dan berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment