Thursday, July 19, 2018

Biji Kopi Primadona, si Cantik Geisha dari Panama



Kopi termasuk ke dalam minuman primadona yang banyak diminati, tidak hanya kalangan dewasa namun juga anak muda yang mengaku pecinta kopi.

Kopi Geisha menjadi primadona dalam dunia kopi. Kopi ini mulai mencuri perhatian dunia sejak 2004 saat menjuarai Best of Panama competition, sebuah kompetisi coffee cupping yang diselenggarakan Specialty Coffe Association of Panama (SCAP).

Biji kopi ini pertama kali ditemukan di pegunungan Gesha, di bagian barat daya Ethiopia pada 1930. Beberapa faktor membuat para petani kopi di Gesha tak lagi membudidayakan kopi ini. Untuk menghabiskan masa tuanya di perkebunan, bibit kopi Geisha kemudian dibawa dan dibeli oleh Rudolph A Peterson ke Panama pada 1967. Sejak saat itu biji kopi ini sering disebut kopi 'Gesha atau Geisha.

Di tahun 2004 biji kopi ini mulai mendapat perhatian lebih dari pecinta kopi internasional setelah dinobatkan sebagai the Best Of Panama (BOP). BOP sendiri merupakan kompetisi cupping kopi yang didirikan sejak tahun 1997 oleh Speciality Coffee Association of Panama (SCAP). Setelah itu, di tahun-tahun berikutnya biji kopi Geisha banyak memenangkan lelang tertinggi di antara biji kopi lainnya.

Aromanya sangat harum, seperti bau bunga, dan mengandung sedikit bau buah-buahan tropis yang ringan dan lembut. Rasanya sangat kuat dan tahan lama. Kopi ini memang nggak ada ada duanya, dan perkebunan kopi lainnya yang mencoba untuk menanam kopi sejenis ini belum pernah ada yang mampu untuk menandingi rasanya.

Kopi ini juga menjadi varietas kopi yang paling dicari. Aromanya yang kuat dan cita rasa yang konsisten. Buah kopi gesha memiliki bentuk buah yang memanjang dan terasa ringan. Cita rasa yang unik dikarenakan ada rasa bunga, jeruk, madu, buah berry, cherry, kayu manis, susu coklat, dan sedikit rasa bir yang secara alami terbawa dalam tiap biji kopi geisha.

Sebagai varietas kopi yang cukup misterius karena sulit ditemukan selain di Panama yang menjadi wilayah perkebunan kopi Geisha antara lain Boquete dan Volcan-Candela. Daerah perkebunan Panama yang berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 400 hingga 1900 meter di atas permukaan air laut menjadikan kualitas kopi geisha yang dihasilkan menjadi komoditi unggulan. Semakin tinggi tempat penanaman biji kopi geisha, maka semakin baik kualitasnya.

Kondisi sekitaran tanaman tumbuh menjamin pertumbuhan tanaman kopi varietas Geisha ini berkembang dengan sangat baik disamping perawatan yang juga baik. Iklim juga membantu tanaman Geisha tumbuh dengan ditandainya sekitaran ada bukit, gunung, sungai, jurang, dan lainnya. Ketinggian tanam, tanah vulkanik kaya nutrisi, kesejukan yang tercipta kombinasi sesuai untuk meningkatkan kompleksitas rasa si biji kopi Geisha.

Artikel dari Majalah.ottencoffee.com dan berbagai Sumber



1 comment:

  1. Vincenzo's Pure Titanium Earrings - Titanium Arts
    Vincenzo's platinum earrings are suitable titanium bolt for playing with your mobile titanium alloy nier phone. nier titanium alloy A modern-day luxury device is now solo titanium razor available in more than titanium shift knob a dozen

    ReplyDelete