Thursday, July 12, 2018

Sambuca Coffee, Kopi ala Italia

Sambuca coffee adalah minuman kopi Italia yang sangat populer di Italia selatan, mudah didapatkan dan dinikmati pada wilayah timur Le Marche.

Sambuca adalah minuman keras tradisional Italia yang dianggap sebagai salah satu minuman digestif besar di dunia yang dibumbui dengan anise manis bersama dengan ramuan rempah lainnya , sambuca biasanya di sajikan saat makan maupun saat musim dingin tiba, sambuca coffee dinilai dapat membantu pencernaan setelah makan. Terbuat dari jenis buah-buahan bernama elderberry. Sambuca ini begitu popular di Italia Selatan lalu menyebar di hampir seluruh dunia. Sambuca hadir dalam tiga jenis yaitu red sambuca, white sambuca dan black sambuca.

Sambuca bukanlah sambuca jika tidak menggunakan tiga biji kopi yang sudah disangrai di permukannya. Kenapa harus biji kopi?, karena dinilai biji kopi yang sudah disangrai gelap tersebut mampu menyeimbangkan rasa manis pada sambuca karena kopi memberi pahit yang khas. Jadi sambuca akan semakin mantap rasanya jika disertakan biji kopi di atasnya. 

Tiga biji kopi melambangkan kesehatan, kebahagiaan, dan kemakmuran. Mereka bisa dikunyah untuk melengkapi anise di Sambuca atau dibiarkan sebagai hiasan. Selain itu, di italia dianggap sial jika menyajikan sejumlah kacang. Jika mencicipi Sabuca coffee akan merasakan bahwa kopi dan anise manis yang ditemukan di sambuca adalah pasangan yang sempurna.

Dalam bahasa Italia, Sambuca Coffee juga dikenal sebagai ghiaccio e mosche , yang berarti 'es dan lalat. 'Lalat' mengacu pada biji kopi mengambang, minuman ini juga sering disebut 'api dan es' karena bagi beberapa penikmatnya suka menyajikan dengan api atau bisa disebut flaming diatasnya.

Artikel dari Majalah.ottencoffee.com dan berbagai Sumber


No comments:

Post a Comment