Thursday, July 5, 2018

Kopi Sanger dengan Cerita Uniknya


Ngopi di kedai kopi memang sudah menjadi gaya hidup masyarakat Aceh yang berakar sejak dulu.


Kopi yang paling terkenal di Serambi Mekah ini paduan antara kopi dan susu kental manis yang disebuat dengan kopi Sanger. Hampir semua kedai kopi di Aceh menyediakan kopi ini. Kopi Sanger adalah jeis kopi yang patut untuk dicoba dan menarik untuk diketahui mulai dari cerita uniknya, proses pembuatan, cara penyajian hingga cita rasa kopi sanger.

Pada tahun1990-an berawal dari mahasiswa yang ingin menikmati kopi dengan porsi yang sedikit dan harga yang pas di kantong. Mahasiswa menjadikan kopi ini sebagai kopi yang paling mengerti keadaan mahasiswa masa itu. Dari sanalah istilah Sanger muncul yang merupakan singkatan dari sama-sama ngertiAkhirnya sampai saat ini para penggemar kopi banyak yang mencari agar bisa menikmati kopi susu dengan harga mahasiswa.

Bukan hanya namanya yang menarik untuk dijadikan cerita. Kopi sanger pun memiliki cara pembuatan yang sulit untuk tidak digubris. Bubuk kopi hitam dimasukkan ke dalam saringan kain. Lalu perlahan, air yang telah mendidih dituangkan ke dalam saringan kain. Kopi yang telah disaring tersebut akan di tarik panjang selama beberapa kali, secara bergantian akan pindah ke mug yang berbeda secara berulang. Proses ini dilakukan oleh ahli menarik kopi selama agar mendapat campuran yang pas kopi ditarik selama beberapa kali. Prosesnya mirip dengan cara pembuatan teh arik.  

Setelah dirasa pas, kopi kemudian dituang kedalam cangkir yang telah berisi susu kental manis. Takaran susu hanya boleh mencapai garis paling bawah dari dasar gelas. Kopi yang telah bercampur dengan susu lalu dikocok sampai berbusa. kopi sanger pun siap disajikan.
Untuk menikmati segelas kopi sanger khas Tanah Serambi Mekah ini hanya perlu merogoh kocek antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Harga itu tergantung dari jenis kopi robusta atau arabika dan penyajian panas atau dingin.

Disunting dari Lifestyle.kompas.com dan berbagai sumber

No comments:

Post a Comment