Tuesday, November 15, 2016

Manfaat Kafein Yang Tak Banyak Diketahui


Masih mengantuk dan ingin mendapat tambahan energi di pagi hari? Biasanya kopi yang dicari. Ingin begadang? Pasti kopi juga yang akan dicari pertama kali. Memang selama ini kopi dicari karena mengandung kafein yang memiliki kemampuan menahan kantuk. Kafein bekerja menghambat kerja reseptor A2A yang bertanggungjawab atas rasa kantuk. Ketika reseptor ini diganggu, rasa kantuk pun hilang. 

Selain sebagai penghilang kantuk, kafein juga memiliki beberapa manfaat yang tak banyak diketahui, antara lain: 

Meningkatkan Fungsi kognitif 
Kafein membantu produksi adrenalin dan dopamine yang dapat membuat tubuh merasa nyaman dan otak terasa lebih jernih. Hasilnya, si pemilik tubuh merasa lebih termotivasi dan lebih fokus terhadap apa yang dikerjakan. 
Tak heran jika banyak orang merasa lebih bisa berkonsentrasi setelah minum kopi dan menjadikan kopi sebagai mood booster.

Meningkatkan performa aktifitas fisik 
Untuk meningkatkan kekuatan dan tenaga ketika beraktivitas (misalnya, untuk meningkatkan performa ketika latihan aerobik), Anda dapat menggunakan suplemen kafein. Kafein juga membantu tubuh memulihkan diri setelah aktivitas fisik yang panjang dan berat. 
Kombinasi kafein dan karbohidrat akan memberi efek yang lebih signifikan. Biasanya, dosis kafein yang digunakan sekitar 400-600mg. 

Peluruh lemak 
Ada dua cara dalam kafein meluruhkan lemak. Yang pertama, kafein memiliki efek yang dapat meningkatkan produksi panas tubuh (efek thermic). Panas meningkat, lemak pun minggat. 
Yang kedua, kafein memiliki efek membuat trigliserida melepaskan asam lemak yang kemudian digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar (efek lipolitik). 

Perlu dicatat, untuk mendapat hasil optimal, Anda harus membiasakan diri mengonsumsi kafein selama beberapa minggu. Manfaatnya tak akan terasa begitu saja ketika Anda menenggak suplemen atau menyesap kopi. 

Rasakan manfaat produk sehat Kopi Arabica Gayo ,dan dapatkan produknya dan produk-produk sehat lainnya hanya di www.geraihijauonline.com 

JOIN NOW!!!

(Sumber: Kompas.com)

No comments:

Post a Comment