Monday, November 14, 2016

Menikmati Kopi Hitam



Kopi hitam adalah bentuk penyajian kopi yang paling sederhana karena kopi hitam merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun. Kopi hitam cenderung terasa pahit, hal itu lah yang menyebabkan beberapa orang tidak bisa menikmati kopi hitam. Ada beberapa langkah awal agar kita bisa menikmati sajian kopi hitam.
  1. Untuk hasil kopi yang tidak terlalu pahit, pilihlah biji kopi yang disangrai light to medium. Single origin yang diroasting baik, akan memberikan aneka flavor yang mengagumkan.
  2. Menyeduh kopi pada suhu terlalu panas menyebabkan kafein yang terlarut cepat dan banyak, ini adalah salah satu faktor mengapa kopi menjadi pahit. Untuk itu disarankan, seduhlah kopi pada suhu ± 89°C, dan tunggu 3-5 menit agar suhu pada kopi menjadi tidak terlalu panas (± 60°C), kemudian Anda baru bisa menikmatinya.
  3. Cobalah berbagai jenis kopi. Dengan mencoba berbagai jenis kopi maka Anda akan tahu kopi apa yang cocok dengan selera Anda.
  4. Sebagai catatan tambahan, jangan tergesa-gesa saat menikmati sajian kopi hitam. Menikmati kopi hitam bukanlah bertujuan untuk menghilangkan haus, melainkan untuk menikmati rasa dan aromanya. Oleh sebab itu takaran kecil sebaiknya dipilih saat menikmati kopi hitam.
Salah satu kopi yang cocok untuk disajikan sebagai kopi hitam adalah KOPIARABICA GAYO. Selamat menikmati.

JOIN NOW!!!

No comments:

Post a Comment