Monday, January 9, 2017

Maag? Masih Boleh Minum Kopi?


Perkara kecil yang sering menjadi persoalan para penggemar kopi yang punya masalah lambung.

MASALAH boleh tidaknya seorang penderita maag meminum kopi. Umumnya segera mendikte bahwa kopi akan membuat maag mereka kambuh sehingga menolak segala saran tanpa memberi kesempatan sebentar untuk mendengar. kopi masih tetap bisa diminum meskipun seseorang menderita sakit maag.
Jika ditanyakan bolehkah seorang penderita maag minum kopi? ya tentu saja boleh. Tapi tetap ada beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum minum kopi. Memilih kopi yang benar, lagi-lagi adalah salah satu kuncinya. Dan berikut adalah beberapa rekomendasinya
1. Pilih kopi Arabica
Bukan informasi baru lagi jika kopi Arabica memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan kopi Robusta. Kadar acidity pada varietas Arabica juga berada setengahnya di bawah Robusta. Karena kandungan kafein dan acidity­-nya yang lebih rendah ini, maka Arabica masih aman dikonsumsi oleh para penderita maag.

2. Seduh manual
Karena kopi-kopi yang diseduh manual, atau istilah kerennya manual brew, umumnya memakai filter untuk ‘menyaring’ kopi. Filter ini menjadi semacam penyeleksi karakter-karakter baik dari kopi yang bukan hanya membuat karakter aslinya keluar, tapi juga menjadikan kopi lebih ringan. Metode seduh manual ini lebih pas dikonsumsi dibandingkan dengan metode tubruk yang proses ekstraksi lama akan membuat karakter kopi keluar secara berlebihan.

3. Pastikan kopi yang akan diminum adalah yang segar.
Ini jugalah sebabnya kenapa rata-rata ahli kopi menyarankan untuk membeli biji kopi daripada bubuk. Kopi yang digiling sebelum diseduh akan menghasilkan bubuk yang segar dan hasil kopi yang nikmat. Selain itu, kopi yang segar juga memastikan kita tidak ada campuran lain yang tersisip ke dalam bubuk kopi. Dengan kata lain, yang akan kita seduh dan minum adalah sebenarnya kopi. Bukan minuman yang dicampurkan bubuk kopi.

4. Sebaiknya tidak memilih kopi yang dark roast
Cukup banyak artikel yang menyebut bahwa semakin hitam (dark) kopi disangrai, maka akan semakin rendah juga kafein yang dikandungnya. Sejenak benar. Tapi mereka juga tidak menyebut bahwa semakin dark roast kopi itu, maka semakin tinggi pula kandungan karbon dioksida yang dimilikinya. Karbon dioksida inilah yang justru bisa memicu maag kambuh seketika. sebaiknya mengonsumsi kopi yang disangrai hanya sampai pada level medium saja.

5. Bagi penderita yang cukup akut, sebaiknya jangan minum kopi tok sebelum makan
Perut yang kosong memang sangat berbahaya bagi penderita maag. Apalagi jika perut yang kosong itu diisi kopi berkafein tinggi. Pada penderita maag akut, kafein bisa memicu asam pada lambung dan membuat maag menjadi kumat. Sebaiknya konsumsi entah roti-rotian terlebih dahulu sebelum minum kopi.

JOIN NOW!!!

(Sumber : Otten Magazine 2016)

No comments:

Post a Comment