Thursday, January 5, 2017

Pecandu Kopi! Apa Yang Terjadi Jika Tidak Ngopi Seharian?


Bagi beberapa orang kopi adalah minuman. Bagi pecandu kopi, kopi adalah ‘belahan jiwa’ yang rasanya mustahil jika hidup tanpanya meski hanya sehari.

“pernah nggak sehari hidup tanpa kopi?” Dan “apa yang terjadi dengan kamu jika seharian tidak ngopi?”.

Apa saja yang terjadi dengan pecandu kopi jika tidak ngopi seharian?
Menurut hasil riset dengan mewawancarai 20 orang yang merupakan pecandu kopi kelas berat. Mereka mengaku sehari paling sedikit mengonsumsi 3 cangkir perhari dalam jumlah yang beragam. Rentang usia mereka dari 23 – 45 tahun dan memiliki profesi yang berbeda-beda. Berikut beberapa jawaban mereka :

Tidak Fokus
Kehilangan daya fokus dan turunnya daya konsentrasi adalah salah satu efek terbesar yang ternyata terjadi pada pecandu kopi jika mereka tidak ngopi seharian. Para pecandu kopi ini mengatakan kafein banyak membantu dia mengerjakan sesuatu hal dengan lebih cepat karena tingkat konsentrasi meningkat. Tanpa kopi susah untuk mengumpulkan daya fokus terhadap sesuatu hal yang sedang dikerjakan. Jadi mengerjakan sesuatu akan menjadi lama karena seharian tidak ‘kena’ kopi.
Lemas
Meski tidak ada hubungannya lemas dengan ngopi, tapi itulah jawabannya terbanyak saya dapatkan dari 20 pecandu kopi ini. Mereka merasa lemas dan kehilangan gairah seharian. “Seperti ada sesuatu yang hilang. Seperti kehilangan sesuatu yang besar tapi tak tahu apa,” kata seorang pecandu kopi yang juga barista ini. Mungkin karena kafein memberi energi dan memompa tenaga makanya saat tidak minum kopi mereka merasa lemas yang tak biasa.
Mengantuk
Kalau efek mengantuk pasti sudah tidak diragukan lagi ya. Kopi dipercaya banyak orang mampu mengusir rasa kantuk karena kandungan kafein yang memang membuat peminumnya menjadi lebih aktif. Jadi bukan rahasia lagi para pecandu kopi ini akan merasa mengantuk jika seharian tak menyentuh kopi. “Saya pernah tidak ngopi seharian dan yang saya lakuan hanyalah tidur,” kata seorang pecandu kopi yang masih duduk di bangku kuliah. Duh kalau gini bahaya juga ya bisa-bisa malah nggak ngelakuin apa-apa seharian nih. Mending ngopi aja deh.

Gampang Kesal
Cranky. Beberapa pecandu kopi yang saya kenal baik memang mengaku akan mudah kesal jika tidak mengonsumsi kopi. Entah kenapa mungkin karena rasanya tidak lengkap menjalani hari tanpa ritual yang dilakukan setiap hari tanpa jeda. “Jika saya melewatkan afternoon coffee saya, maka jangan harap saya bisa menjalankan sisa hari tanpa rasa kesal yang entah dari mana datangnya,” kata seorang sahabat yang diamini pecandu kopi lain yang saat itu hadir di sebelahnya. Rupanya bukan hanya perempuan PMS yang gampang kesal, hidup tanpa kopi juga bisa bikin kesal ya.

JOIN NOW!!!

(Sumber : Otten Magazine 2016)

No comments:

Post a Comment